Jumat, 16 Mei 2008

Hacker Not Cracker

Hacker Not Cracker!

Oke, To The Point Saja Ya :)
Berbagai teknik jaringan internet dapat di peroleh secara mudah di Internet antara lain di http://www.sans.org, http://www.rootshell.com, http://www.linuxfirewall.org/. Sebagian dari teknik ini berupa buku-buku yang jumlah-nya beberapa ratus halaman yang dapat di ambil secara cuma-cuma (FREE). Beberapa Frequently Asked Question (FAQ) tentang keamanan jaringan bisa diperoleh di http://www.iss.net/vd/mail.html, http://www.v-one.com/documents/fw-faq.htm. Dan bagi cara experimenter beberapa script / program yang sudah jadi dapat diperoleh antara lain di http://bastille-linux.sourceforge.net/, http://www.redhat.com/support/docs/tips/firewall/firewallservice.html.

Cara paling sederhana untuk melihat kelemahan sistem adalah dengan cara mencari informasi dari berbagai vendor misalnya di http://www.sans.org/newlook/publications/roadmap.htm#3b tentang kelemahan dari sistem yang mereka buat sendiri. Di samping, memonitoring berbagai mailing list di Internet yang berkatain dengan keamanan jaringan seperti dalam daftar http://www.sans.org/newlook/publications/roadmap.htm#3e.

Saya berharap ilmu keamanan jaringan di tulisan ini di gunakan untuk hal-hal yang baik. Jadilah seorang Hacker bukan Cracker!!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

lo.., cracker juga nggak kenapa-napa, ada gunanya juga buat sharing...