Rabu, 21 Mei 2008

Terobosan Baru Dalam Sistem Aplikasi Web

Purefect adalah desktop environment yang berjalan 100% di atas web browser. Purefect mengadopsi teknologi RIA (Rich Internet Application). Dengan Purefect, aplikasi web tidak lagi berbentuk halaman-halaman web yang selama ini kita ketahui, tapi berbentuk aplikasi-aplikasi window seperti layaknya aplikasi yang berjalan pada komputer desktop kita.

Purefect berusaha untuk mengkombinasikan kelebihan dari sistem GUI pada desktop dengan kelebihan dari sistem web. Seluruh aplikasi dalam sistem Purefect berjalan di atas web browser dan dibangun dengan berbasiskan teknologi Web 2.0 dan AJAX (Asynchronous JavaScript and XML) yang akan mempermudah penggunaan dan pengaturan aplikasi.

Beberapa keuntungan dari Purefect adalah:

Mempermudah dan mempercepat pembangunan aplikasi web secara signifikan
Aplikasi yang dibangun bersifat multi-platform
Untuk menjalankan aplikasi berbasis Purefect yang dibutuhkan hanyalah web browser tanpa diperlukan plug-in atau software tambahan lainnya (ActiveX, Java, dsb)
Berbasis object oriented
Arsitektur lengkap: login system, personalized desktop, manajemen user, advanced windowing system, task management, dsb
Komponen-komponen dasar dari Purefect telah selesai dibangun. Fokus development saat ini adalah menambahkan berbagai komponen pendukung yang dapat mempermudah developer. Setelah komponen-komponen tersebut selesai, Klorofil akan segera merelease Purefect kepada komunitas open source.

Untuk melihat perkembangan terakhir development project Purefect tersebut, Anda dapat melihat screenshot dari Purefect di website Klorofil.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mas mohon ijin buat lihat lihat dan belajar ya, makasih sebelumnya

joe subekti jakarta